ARAB SAUDI INGIN DUNIA LAWAN AGRESI ISRAEL

crown prince saudi arabiaRiyadh, 1 Jumadil Awal 1434/12 Maret 2013 (MINA) – Dewan Menteri Kerajaan Arab Saudi kemarin (11/3) mengutuk upaya Israel untuk menyerang Masjid Al-Aqsa dan praktik agresif terhadap jamaah, mahasiswa dan Al Qur’an, menyerukan masyarakat internasional untuk mengambil sikap tegas terhadap tindakan-tindakan provokatif semacam itu.

“Tindakan agresif tersebut merupakan pelanggaran terhadap perjanjian dan konvensi internasional serta pelanggaran terhadap kesucian tempat-tempat suci dan provokasi perasaan umat Islam di seluruh dunia,” kata Menteri Kebudayaan dan Informasi Abdul Aziz Khoja setelah pertemuan kabinet mingguan di Riyadh.

Pertemuan yang dipimpin oleh Putra Mahkota Salman, wakil perdana menteri dan menteri pertahanan menyambut baik pernyataan yang dikeluarkan oleh pertemuan tingkat menteri dari Friends of Yaman di London untuk kembali memberi dukungan untuk kedaulatan, persatuan dan kemerdekaan Yaman dan berkomitmen untuk mendukung rencana untuk transisi politik.

Pernyataan itu mengambil mempertimbangkan prinsip tanpa campur tangan dalam urusan internal Yaman. Kabinet menegaskan kembali dukungan Kerajaan Arab Saudi kepada orang-orang Yaman, Arab News melaporkan.

Kabinet memuji Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah untuk menyetujui rencana ekspansi terbesar bagi Masjid Nabawi di Madinah. Hal ini juga mencatat hasil pertemuan Saudi-Qatar Dewan Koordinasi di Doha, yang diketuai oleh Putra Mahkota Salman dan Qatar Sheikh Tamim Mahkota bin Hamad Al-Thani.

Kabinet ini menjelaskan tentang rekomendasi dari Dewan Menteri Luar Negeri Arab dalam sesi 139 di Kairo,serta  menekankan kebutuhan untuk pengembangan Liga Arab berdasarkan Piagam yang telah disetujui pada KTT Arab ke-16 di Tunisia.

Kabinet membahas sejumlah kegiatan ilmiah dan budaya, serta memuji pembukaan Pameran Kitab Internasional Riyadh yang mencerminkan ketegasan Kerajaan dan dukungan untuk budaya, ilmu, sastra dan intelektual.

Kabinet menyetujui rancangan sistem transportasi publik untuk Jeddah dan mendukung sejumlah keputusan untuk meningkatkan sistem transportasi umum Makkah. Kabinet member wewenang menteri keuangan untuk menandatangani Konvensi Internasional tentang Bantuan Administratif Timbal Balik Dalam Masalah Pajak.

Kabinet juga memutuskan untuk bergabung dengan Institut Standar dan Metrologi untuk Negara-Negara Islam (Standards and Metrology Institute for the Islamic Countries/SMIIC).

Standar dan Organisasi Mutu dan Pangan Saudi dan Otoritas Obat akan menjadi perwakilan Kerajaan dalam perakitan umum SMIIC itu.

Kabinet menunjuk Qassim Al-Mimani dari Departemen Perdagangan dan Industri dan Pelatihan Teknis dan Kejuruan Perusahaan Sharif Abdulwahab untuk Dewan Direksi Kredit Saudi dan Bank Tabungan. Kabinet menunjuk Brigjen. Saeed bin Mohammed Al-Asmari anggota Pelayanan Kesehatan Dewan untuk mewakili pelayanan kesehatan di Departemen Pertahanan.

Kabinet menyetujui perjanjian dengan Rumania untuk mempromosikan konsultasi politik bilateral. Kabinet menunjuk Mohammed bin Hussain Abu Ridha Al-Hamail duta di Departemen Luar Negeri, Saleh bin Saad Al-Mohanna wakil untuk keuangan dan rekening di Departemen Keuangan, Abdul Aziz bin Saleh Al-Aqeel penasehat informasi di Kementerian Kebudayaan dan Informasi dan Badriah binti Saleh Al-Aradi sipil urusan penasehat di Kementerian Urusan Sipil. (T/P011/R2).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s