10 Teknik Pertahanan Diri Dasar

razozded68Dengan makin meningkatnya angka kejahatan tiap harinya, satu hal pasti yang perlu kita pelajari adalah bagaimana cara membela diri kita dalam situasi perkelahian satu lawan satu. Skenario perkelahian ini mungkin dapat kita jumpai dalam perjalanan yg tidak dapat kita hindarkan lagi.Dalam kejadian kasus penjambretan atau modus kejahatan lainnya, kita harus tahu dasar2 bagaimana kita menyelamatkan diri kita atau memberikan perlawanan. Selalu diceritakan pada para ksatria bahwa bila engkau harus memilih antara pedang dan perisai maka yang dipilih adalah perisainya.Hal ini memberi arti bahwa pertahanan lebih penting dibandingkan menyerang.

Dalam trit ini terdapat beberapa dasar2 yang akan menolong dalam usaha mempertahankan diri anda. Tekhnik2 ini sudah terbukti membantu selama bertahun-tahun dan tiap orang seharusnya mengetahui tentang hal tersebut.

1. Jaga agar tangan tetap pada posisi diatas.:

Peraturan no.1 selalu menjaga tangan tetap diatas! Kenapa? Karena bila tanganmu dalam posisi diatas dapat menahan setiap pukulan ke arah wajah dan wajah merupakan bagian yang penting untuk dilindungi dalam sebuah perkelahian. Dengan tangan diatas selain berfungsi melindungi wajah juga dapat melindungi bagian hidung kita.Satu pukulan menerpa hidung kita, dapat dipastikan klo kita akan roboh dengan seketika.Dari kondisi tersebut akan sangat sulit kembali melawan karena pukulan pada hidung adalah sesuatu yg kritikal.Ini adalah alasan mengapa seorang petinju selalu melindungi wajahnya selama pertandingan.

2. Jatuhkan lawan ke atas tanah:

Setelah lawan jatuh ke tanah, memukulinya adalah sesuatu hal yang sangat mudah karena kita bisa menggunakan kaki kita dan sepatu bot tebal (bila memakainya) untuk menendangnya. Juga saat lawan berada diatas tanah kita dapat menyarangkan satu atau dua tendangan kemudian menjalankan rencana untuk meloloskan diri, dengan kata lain kita bisa kabur. Jika saat lawan di tanah, dan dia hendak berdiri lagi, ini akan memberikan kita sedikit waktu juga. Jangan pernah membiarkan lawan menjatuhkan diri kita ke tanah atau hal diatas yang akan terjadi pada diri kita sendiri.

3. Perpendek jarak:

Berbicara tentang tinju lagi, kita perhatikan bahwa saat seorang petinju mendapat serangan beruntun dr lawannya, dia akan berusaha untuk menenmpelkan dirinya sedekat mungkin dengan lawannya? Alasannya, saat kita dekat dengan orang yg memukuli kita, dia tidak akan memiliki ayunan penuh untuk memukul kita.Semakin jauh jarak, maka akan semakin keras pukulan yg kita terima. Coba hindari sebanyak mungkin yg kita bisa hindari.

4. Ulur waktu/ Ambil nafas/ Tetap tenang:

Mengambil nafas sangat penting dalam suatu perkelahian.Setiap saat memungkinkan, coba ulur waktu sehingga kita bisa mengambil nafas dan tetap bertahan tenang. Karena saat kondisi kita tenang, kita bisa berpikir dengan jernih dan dapat menggunakan otak kita dengan lebih baik. Seperti dikatakan di awal td, jatuhkan musuh ke tanah, akan memberikan kita banyak waktu dengan mudah.

5. Pukul duluan:

Saat perkelahian dianggap sebagai pembuktian, kita harus selalu menyarangkan pukulan terlebih dahulu. Dengan menyarangkan pukulan telak pertama kali akan membuat posisi lawan menjadi bertahan dan bisa juga menghentikan jalannya perkelahian. Dan juga kalo berhubungan dengan harga diri, dikatakan bahwa siapapun yang bisa menyarangkan pukulan pertama kali adalah pemenangnya, walaupun kemudiannya akan menerima pukulan balik lebih banyak. Tip ini mungkin tidak akan selalu menyelamatkan kita dan lebih kearah tekhnik menyerang dibandingkan tekhnik bertahan.

Animasi-Bergerak-Keren-Banget

6. No rules, Gunakan cara apapun:

Sebagaimana yang kita dengar, semua hal diperbolehkan dalam cinta dan perang.Sering kita lihat bahwa seorang laki2 tidak akan menyerang bagian selangkangan lawan laki2nya dalam sebuah perkelahian.Hal ini sebenarnya sangatlah bodoh. Jika kau berada dalam sebuah perkelahian, semua yang bisa kau gunakan harus digunakan. Coba gunakan tamparan, colokan mata, pukul testis lawan, jambak rambut, patahkan hidung. Jadilah liar. Lagipula ini adalah sebuah perkelahian dan kita harus mempertahankan diri kita, jika kita tidak memakai tekhnik ini maka lawan yang akan menggunakannya terhadap kita. Klo hal itu terjadi apa yg akan kau lakukan???

7. Jika kita terkena pukulan, itu bukan sebuah akhir:

Kau dalam sebuah perkelahian. Kau harus tahu klo dalam sebuah perkelahian kita akan mendapatkan pukulan. Maka, apa yg akan kau lakukan bila terkena pukul? Berpikir kau sudah selesai? Tidak! Dalam setiap perkelahian, tiap orang dapat terkena pukulan.Tiap orang bisa jatuh. Tapi orang yg dapat bangkit lagi, melupakan rasa sakitnya akan bertahan sampai akhir.Hal ini adalah tekhnik yg paling penting dan dapat menjatuhkan stamina dan kesabaran lawan kita.

8.Prediksi gerakan lawan:

Jika kita bisa memprediksi gerakan lawan,kita bisa mengantisipasi semua gerakan mereka. Jika kita memprediksi kalau akan dipukul dan menghindarinya, maka lawan kita cuman akan berakhir dengan membuang-buang energinya dan kita tidak akan terluka sama sekali.Juga hal ini akan memposisikan kita sebagai selangkah didepan dalam permainan pikiran.Lawan kita akan berpikir dua kali sebelum melakukan suatu gerakan karena berpikir kita akan dapat mengelakkannya juga.Hal ini butuh banyak perhatian dan fokus.Tanpa perhatian, fokus dan reflek, kita tidak bisa menggunakan tips ini.

9. Berikan kesan pertama yang meyakinkan.:

Ide di balik tip ini adalah kita bisa memasukkan rasa takut ke dalam pikiran lawan kita.Pernahkah kau melihat orang dengan berat 100 kg dan tinggi hampir dua meter memiliki masalah dengan orang lain?? Biasanya hal tersebut tidak terjadi karena meski dia buruk dalam perkelahian, tak ada seorangpun yg berani mengganggu dia atau menantang dia berkelahi. Alasannya karena impresi atau kesan yang dia miliki. Kita dapat juga menirunya. Jangan pernah hilang kontak mata. Meski kamu yakin kalau akan dikalahkan dengan telak, usahakan terlihat bahwa kita tidak takut akan hal tersebut dan akan mengalahkan lawan kita nantinya.

10. Gunakan tameng, apapun dapat dipakai!:

Sekali lagi, seperti yg disampaikan diatas, tameng sangatlah penting. Kau dapat menggunakan apapun sebagai tameng. Kau dapat menggunakan tas, buku atau sepotong kayu ataupun benda2 lain yg kita temukan di jalan. Kau juga dapat menggunakan lengan kita untuk menahan apapun. Mungkin memang akan terasa sedikit sakit tapi akan lebih baik dari pada kepala kita kena pukulan telak.

Sumber : Kaskus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s